Kamis, September 10, 2009

Perbedaan File JAR dan JAD

Bagi sobat yang sering download aplikasi handphone maka akan sering pula menjumpai file yang berupa JAR dan JAD, dan mungkin sebagian dari sobat ada yang belum mengetahui perbedaan dari file JAR dengan JAD tersebut.


JAR adalah singkatan dari Java Archive. JAR dapat di artikan merupakan kumpulan file yang disatukan dan dikompres seperti halnya RAR atau ZIP. Kita bisa melihat file-file yang ada di dalam file JAR tersebut dengan menggunakan ekstraktor, misalnya WinRar/WinZip, atau dengan aplikasi JZipman bila menggunakan Handphone.
Isi dari file JAR adalah file-file kompilasi Java (*.class) dan file pendukung lainnya, seperti gambar, suara, dan lain sebagainya.

Didalam folder META-INF terdapat sebuah Manifest yang mendeskripsikan nama MIDlet-MIDlet (aplikasi java) yang tersedia, termasuk versi dan nama vendornya.
Kita bisa membuka Manifest tersebut dengan editor teks seperti Notepad atau dengan menggunakan aplikasi MobiExplorer dan OperaMini Mod di handphone.
Kesimpulannya, JAR berisikan aplikasi-aplikasi Java yang mungkin lebih dari satu. Segala hal yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi Java, terletak dalam file JAR tersebut.


JAD adalah singkatan dari Java Application Descriptor. JAD dapat di artikan merupakan file yang mendeskripsikan tentang aplikasi Java (MIDlet) yang merupakan aplikasi Java yang ada didalam file JAD tersebut, karena file JAD itu sendiri sebetulnya hanya sebuah file teks biasa, yang bila dilihat isinya mirip sekali dengan Manifest yang ada didalam file JAR. Namun ada Informasi tambahan yang ada di file JAD, yaitu URL yang mengarah ke file JAR.
Kesimpulannya, JAD bersifat sebagai file tambahan untuk menjelaskan isi file JAR atau data tambahan yang dibutuhkan untuk mendownload dan menginstal file JAR.

Comments :

0 komentar to “Perbedaan File JAR dan JAD”


Posting Komentar